29/07/08

Curahan Hati Seorang Moderator ;p


Ingat saat revol pertama kali mendiskusikan soal moderator, dalam pikiran gw apa itu moderator? Dan dengan penuh percaya diri akhirnya gw menerima saat di aplay ke mba cacha sang admin. Baru sekitar tiga minggu gw gabung diforum Indonesian idol sebagai member,tiba2 ada yang berubah saat gw login kembali. Warna nick semakin tajam, n banyak option2 yang gw ga pernah liat saat gw login waktu masi user dulu. Dengan polos gw bertanya ke revol, ni apaan? Gw mesti gimana? Kata revol, lu ngurus forum… *weks!!* harus ngurus gimana? Dengan santai dia jawab, ni enk nal, lu bisa ngatur postingan, ngedit, delete,kasi warning, ngeban *gw gatau apa tu ngeban saat itu*.. dan lain2 dengan panjang lebar dijelaskan oleh revol. Revol gambarin seakan2 menjadi moderator punya tempat yang lebih. Dengan penasaran gw sambut info itu tentu dengan rasa lumayan senang.. *tetep gatau harus ngapain *… dari sini dah jlas bahwa terpilihnya gw adalah kesalahan besar..

Singkat cerita, gw jalanin “tugas dan tanggungjawab” sebagai moderator forum yang baru gw ikutin tahun ni karena ketidak sengajaan.

*Tidak ada yang kebetulan di dunia ini, segalanya terjadi karena ada alasan dan ada yang menunggu dibelakang..*

Hari demi hari gw jalanin seperti biasa, sampai akhirnya ada member yang memberikan kritik membangun untuk para moderator. Hal yang menjadi point mereka saat itu adalah “forum yang berantakan”.. saat itu dengan cuek gw berpikir bahwa kenapa mesti ada seperti ni, apa yang perlu dibenahin? Bukannya disini Cuma posting komen n cari temen aj? *saat itu sebagai orang awam yang baru bergabung sekali di forum Cuma bisa berpikir standar itu* sampai beberapa postingan gw baca yang menjadi sasaran adalah admin n momod yang memang harusnya bertanggung jawab terhadap kenyamanan user.

Sampai akhirnya gw mutusin untuk berkomentar. *saat itu tak satupun momod yang online* mungkin karena gw yang pertama klarifikasi, jadi seakan2 Cuma gw yang mau bertindak. Niat semuanya berjalan lancar dan menjadi lebih baik ternyata gak bisa dengan satu hari itu. Bertubi2 gw membaca semakin banyak ketidakpuasan member. Saat itu karena merasa gak becus menjadi momod akhirnya gw mutusin pengen mundur. Tanpa gw ketahuin ternyata salah satu momod yaitu evan juga mau mengundurkan diri. Akhirnya tanpa sengaja deon menggelar conference dengan YM buat para momod membahas permasalahan n gimana pemecahannya. Tapi hari itu belum juga disepakati sesuatu *jujur saat itu gw berpikir senengnya jadi momod dimana ni?niat Cuma seneng2 cari info n temen malah kayak gini?*

Saat sudah pengen mengundurkan diri, sebuah sms membuat gw kuat lagi.. * tiap momod punya kapasitas masing masing, lakukanlah apa yang bisa lo lakukan.” Gw langsung berpikir ni bener! Kita berempat memang bukan moderator yang berpengalaman n handal dalam hal ini. Tapi satu hal bahwa, kita gabisa menjadi momod sempurna yang diharapkan, tapi setidaknya kita bisa memaksimalkan apa yang bisa kita berikan pada forum, apa yang menjadi kekuatan kita, tidak peduli tanggapan orang apa yang jelas berusalah sesuai kapasitas masing2. Ni yang buat gw bangkit lagi..

Selama gw menjadi moderator ada satu hal yang menjadi momok. Yaitu kurangnya kesadaran bahwa “tidak hanya orang orang yang pro dengan postingan kita yang online di forum ini” banyak yang selalu memaksakan opininya, banyak yang terusik, ada yang punya pikiran lain, dan 180 derajad berbeda dengan pendapatnya. Disaat yang lain, orang2 itu ngerti bahwa ini forum, dan tentu ada yang pro dan kontra. Tapi disisi lain orang2 itu yang malah menganggap orang lain sensitive, cepat marah, negative thinking, dan lain lain ketika postingan mereka ditanggapi dengan ketidak setujuan. Yang seperti ni yang kadang buat gw merasa aneh sendiri…

Satu hal lagi yang penting dalam sebuah forum apalagi forum official adalah banyak banget orang yang online untuk mencari info termasuk guest, n ni perlu juga disadari agar forum tidak menjadi tempat saling singgung menyinggung melulu. Mirisnya sampai saat ni masi ada yang seperti ni..

*Dalam forum ada pro n kontra, tapi kenapa sindir menyindir masi perlu ada..*

oh satu lagi.. sulit lo Trip menjadi moderator yang mendukung penuh Aris ditengah2 lebih banyaknya Gisellovers.. n sulit juga sebagai momod yg ngepost kategori award *salah2 dikit lo kena semprot*,,^^

Sebentar lagi forum akan tutup, dan harapan gw adalah tidak ada yang sakit hati pada akhirnya.. semua damai.. gw sadar gw bukan momod yang baik, bukan member yang baik pula. tapi gw senang pernah bergabung n dikasi kesempatan jadi moderator forum sebuah ajang besar di Indonesia.. walaupun harapan awal gw tidak sepenuhnya tercapai..

Thx Trip.

4 komentar:

Anonim mengatakan...

terima kasih, sudah menjadi moderator forum indonesian idol 2008. Great Job !

Anonim mengatakan...

hai ronald.. terimakasih ya sudah gabung di forum idol tahun 2008 ini, semoga ga kapok, hehe aku doain terpilih jadi mod favorit versi i-talkers 2008. okay
Gbu

Danie Cung Cung mengatakan...

Hahaha.. salah salah kena semprot ya??

lu kate nyamukk di semproot..
hahaha..

nice moderator!! hahahahahahaahahahhaahha....
hey! gw tau forum sering berantakan dan segala macamnya, tapi good job buat momods nyaaa.. :D tetapi momod tetap bekerja..
Horass!! Hidup Momodd!! Merdekaa!! Maju terus pantang mundur!! Membara!!

*meski ada siksaan batin tersendiri*

wakakakakakakakakaka..

*kabuuuuuurrrrr,,,,,,*

Anonim mengatakan...

чтобы добавлять свои статьи, обязательно ли регистрироватся?