13/07/08

NOVEL YANG TIDAK SELESAI


Kegemaran gw dalam menulis sudah ada sejak kecil, cerpen pertama yang gw buat berjudul “LIBUR SEKOLAH” hahaha lebih tepatnya sebenarnya itu Cuma tugas mengarang dari guru saat SD kelas 1. Ntah kenapa gw suka nulis hal – hal aneh padahal kalo dilihat dari judulnya hanya liburan sekolah, jadi tanpa membaca pun sebenarnya bisa ditebak isinya paling cuma seputar kegiatan selama liburan.. percaya gak percaya dalam cerpen itu gw bisa menganalisis hal – hal yg terjadi selama liburan, satu halaman kertas gak cukup menurut gw untuk menguraikan apa yang gw alamin selama liburan.. gw juga pernah ikutan lomba cerpen 12 halaman (dan yakin menang), lomba itu diadakan oleh dinas pendidikan dan diikuti banyak SMP di Indonesia.. hahaha malang nasib gw, brangkas yang berisi cerpen yang memuat seluruh cerpen dari smp sedaerah gw hilang. Gw juga gatau apa yang terjadi, tapi kata guru bahasa indonesia gw semua file hilang dijalan.. aneh memang tapi itulah yang terjadi. Gw cuma kangen ma cerpen yang gw buat haha dimana dia sekarang, apa ada orang yang sempat membacanya? Sayang, gw gak punya soft copy bahkan oret – oretan gw pun udah hilang jadi gw gak punya cerpen itu lagi. Gw juga gak mungkin ingat plek isinya apa. Yang jelas cerpen itu mengisahkan perjuangan seorang gadis yang ingin sukses dikarir menyanyi, banyak drama, banyak air mata (halah..). saat cerpen ini gw buat, gw gak terinspirasi oleh artis manapun, termasuk inul yang saat itu belum terdengar namanya, tapi tiba tiba gw ingat cerpen gw saat Inul sangat berjaya dan dikabarkan adalah penyanyi yang merintis karir dari desa. Walopun isi cerpen gw jauh beda dari kisah hidup Inul, tapi endingnya sukses juga..

Tahun 2004 gw memutuskan untuk membuat novel remaja,tentu gw butuh banyak persiapan dari persiapan materi tentang unsur unsur novel dan cara menyusun novel yang baik. Ide cerita sekali lagi tak terinspirasi dari apapun, kecuali kisah persahabatan lima gadis yang mirip dengan AADC. Masing – masing gadis punya masalah yang sangat berat, mulai dari Penny yang kaya raya tapi tidak bahagia, June yang broken home, Karen yang ekonomi keluarganya sangat buruk dengan ayah yang sakit sakitan yang tanpa diketahui ibunya rela jadi PSK untuk mencukupi kebutuhan keluarga, Iren yang yang punya masalah cinta yang sangat rumit, dan Lindsay yang punya penyakit mematikan dan selalu berusaha menutupi itu dari orang lain. Tanpa disengaja kelimanya di persatukan dalam situasi yang aneh dan tak terencana. Singkat cerita mreka berlima menjadi sahabat dan saling mencari tau apa yang menyatukan mereka. Cerita ini adalah sangat menggambarkan kekuatan persahabatan. Sampai diakhir cerita gw dah menyiapkan ending yang bener bener buat shock pembaca n gw yakin tak terpikirkan sebelumnya.. novel ini selain menyisahkan drama yang mengharukan, juga dibumbuhi teka teki thriiller, tentang apa makna pertemuan itu sebenarnya..

Lantas kemana novel itu? Dimana? Sudah terbitkah? Hihi.. semua berkas dan file file novel tertinggal di makassar, jadi gw gak mungkin membuat ulang karena disana sudah gw buat rincian cerita. Akan gw selesain klo sempet balik ke makassar.. Trip.. moga aja bisa gw selesaikan ceritanya...

...................................

In good times And bad times I'll be on your side forever more That's what friends are for

2 komentar:

Danie Cung Cung mengatakan...

Waduh nald... jadi penasaran saia dengan novel anda itu.. jangan2 di curi ama sutradara2 terus dijadiin sinetron...?? ato jadi pilem..
hahahaha..

:D

Anonim mengatakan...

hmmm... dejavu with last sentence :P