18/08/08

F.R.I.E.N.D.S

Bergaul, selama ini gw menjadi orang yang sangat menghargai persahabatan, seperti banyak filosopi yang menggaung – gaungkan persahabatan sebagai suatu hal yang terlalu indah untuk tak dimiliki. Kadang mereka menggambarkan sebagai keluarga diluar rumah, keluarga yang untuk hal hal tertentu yang kau sembunyikan dari orang tuamu sendiri bisa dengan nyaman kau bagikan. Saking pentingnya arti persahabatan buat gw, kadang gw gak pernah berpikir suatu saat mereka akan merugikan gw. walaupun segala kemungkinan bisa aj terjadi, tapi tak sempat ku berpikir. Satu pesan tentang hubungan persahabatan yang erat kaitannya dengan perjalanan hidup,ialah “pergaulan menentukan kualitas hikmat”, kata – kata ini sudah terlalu sering menjadi bayang2 gw selama ini, orang yang begitu polos sekalipun bisa berubah menjadi pembunuh tak kenal ampun hanya karna pergaulan, seperti air tenang yang tiba-tiba beriak kencang. Dimana kau meletakkan dirimu, disitu juga kau akan dibentuk, karakter, watak, dan kepribadian.

Lantas, muncul pertanyaan. Berarti kita harus memilih milih teman? Jawabnya YA, tau gak Trip betapa gw selama ini sudah tidak mengacuhkan itu semua, dengan tak sadar diri gw dibawa ke sesuatu yang tak menguntungkan sama sekali, kesesuatu yang gw anggap pelarian gw, yang gw anggap tempat gw mengusap air mata, dan berlega dari bayang – bayang negative tentang diri gw esok hari. Sampai saat ini gw sulit untuk menolak berteman ma sapa aja, entah gw tau dia sapa, entah gw tau dia seburuk apa, entah gw tau gw seburuk apa, atau entah gw tau gw bakal menjadi seburuk apa bergaul dengan dia. gw selalu merasa nyaman dengan orang lain tak peduli sapa dia.

Sebenarnya yang terpenting menurut gw adalah bukan orangnya, tapi kualitas pertemanan seperti apa yang bisa ditawarkan oleh orang itu, seberapa besar kenyamanan yang gw dapatkan, bagaimana gw tidak terpuruk saat bersama mereka. Gw gakkan pernah nyesel berteman ma sapa aj,tapi luka itu sudah cukup buat gw paham seberapa penting gw ada bagi mereka, dan apa yang yang harus gw lakukan selanjutnya…

Tidak ada komentar: