04/11/08

PESPARAWI MAHASISWA X 2008

Pesta Paduan Suara Gerejawi yang di adakan pada tanggal 26 oktober – 2 Nopember 2008 telah usai. tapi bagi Ron acara ni terlalu berkesan untuk dilupakan begitu saja, karena itu Ron sengaja buat tulisan ni, banyak hal yang Ron korbanin untuk ikut pesparawi, awalnya ron mutusin buat ga ikut, tapi karna satu dan lain hal (ga perlu dibeberkan) akhirnya Ron mutusin jadi squad Vocalista Paradisso, dengan nekad n modal percaya diri (haha) upn veteran ngirim PSM nya buat ikutan pesparawi. Kenapa nekat? Karna kita latihan cuma satu setengah bulan, belum lagi hari efektif latiannya Cuma sebulan kalau dihitung hari benernya karena kita latian tidak setiap hari awalnya. Dengan sebulan itu psm kita harus belajar 7 lagu baru, koreo, n macam2. T_T, Belum lagi maba 2008 yang baru seleksi masuk PSM langsung ikutan pesparawi. Kenapa? (lagi – lagi karna hal yang tak perlu di jelasin disini karena begitu internalnya masalah ini).. ^^ namun kita ga patah semangat, walaupun 1 perunggu, 1 perak, dan 1 emas yang kita bawa pulang bukan menjadi prestasi yang sangat WOW buat psm kami, tapi mengingat perjuangan yang kita lalui, satu emas saja yang kita peroleh sudah merupakan hasil kerja keras luar biasa buat psm kami. Dan kami tetap bersyukur dengan pencapaian ini. Hidup Vocalista Paradisso!!!!

26 Oktober 2008
HUJAN DERAS DI JOGJA!!!!! Gara – gara itu keberangkatan kami yang seharusnya jam 5 sore tertunda sampai setengah 8 malam. Karna banyaknya kontingen yang belum ngumpul dikampus. Setelah perjalanan sekitar kurang lebih 3 jam akhirnya nyampe juga di Salatiga, DINGIN!! Hahaha.. langsung ke UKSW (Univ. Kristen Satya Wacana) untuk cek in ketemu ketua panitia, setelah itu kontingen upn langsung digiring ke Wisma Babtis Bukit Soka, lewati kuburan Cina yang bgs bgt.. hehe.. nyampe, makan, tidur. Gw sekamar 6 orang anak tenor semua, sebenarnya tenor bertujuh tapi satu orang nyusul. Zzzz….

27 Oktober 2008

Bangun pagi seger banget, halaman belakang berkabut, cuacanya sejuk, n dingin (kangen suasana itu!!). hari itu ada acara pembukaan Pesparawi yang ternyata seru banget. TAPI….!! Sebelum kontingen upn berangkat terjadi sedikit “kejadian” di bukit soka. Ni masalah makanan. Ga kayak kontingen lain yang semua pesertanya beragama Kristen atau Katolik, kontingen UPN punya anggota beragama Islam yang tak sedikit, lebih dari 10 orang, nah makanya ketika disiapkan menu makanan yang haram bagi mreka, itu sedikit membuat temen2 ga nyaman, pokoknya tiap ada daging selalu ditanya dulu. Hahaha!! Saking parnonya ikan aja yang di masak tepung sampe dikira B2, huahuha.. tapi itu cuma dua hari berlangsung, setelah tukang masaknya ngerti kita ada yang muslim, hari hari berikutnya jadi santai lagi. Hihi…^^

Setelah mandi langsung berangkat make almamater, acaranya pembukaan diawali dengan ibadah, terus ada choir dari UKSW nyanyi Shout To The Lord, *gw langsung ikt nyanyi karna hapal*, ada penampilan PS Akpol bawain “Roman Picisan” dari Dewi Dewi, lumayan menghibur, musiknya ngangkat banget. Yang paling seru Marching Band dari Akpol. Tiba – tiba ada sms “Ron, rombongan upn dimana? Aku mencari dirimu” dari dani temen italk. Gw membatin *bocah tau dari mana gw ikutan?* padahal sebenarnya gw mau kasi tau ntar aj abis acara pembukaan. Tapi ga jadi,langsung gw bales sms nya. Singkat cerita, ketemu di belakang ma temn2.. haha anknya kayak bola bekel lincah n rame, tapi yang namanya baru ktemu jadi agk canggung. He’s kind.^^

Peserta PESparawi banyak banget, dari seluruh indo, ada Univ. Negeri Maluku, USU, Univ. Palangkaraya, Univ. Papua, Unhas Makassar, UK Petra Surabaya, Atmajaya Jakarta. N banyak lagi.. tapi arak2an terhenti karena hujan deras turun tiba2.

Foto2, n balik lagi ke wisma. latian sebentar n istirahat.














28 Oktober 2008

Hari ni ada uji panggung, tapi lagi2 upn ada masalah, pelatih kami dapat masalah diperjalanan, jadi jadwal dia yang seharusnya tiba di salatiga jam 5, terundur ampe hampir jam 8. Akhirnya kita uji panggung tanpa pelatih. BETE! GM kami yang juga angkatan 2006 kayak gw jadi nangis, yaiyalah dengan angkatan yang masi lumayan ga berpengalaman kayak angkatan gw sebenarnya belum pantes, bener2 squad UPn hanya berisi orang2 ga terlalu berpengalaman tapi kami nekad n pede dong. Haha!! Yes!!

Akhirnya kita pulang dengan bête. Tapi karna gw nyium suasana ga semangat dalam bus. Gw spontan teriak “teman – teman semangat ya!!!” disambut “ya..!!!” gw lega.. tapi GM kami masi aja nangis dibelakang. Sampai di wisma, om heru (pelatih kita udah datang), kita kumpul di suatu ruangan, pelatih kami udah minta maap n ngasi semangat lagi. Setelah panjang lebar ngomong. “ok, yang sacra tinggal, yang ga ikut boleh balik kekamar.” Seperti yang udah gw utarakan ga semua anggota kontingen UPN kristiani jadi ada yang memilih ga ikut sacra. Akhirnya kita latian seadanya. Sampe malam itu kita belum ngapal lirik, kalau nada udah, belum lagi dinamika, yg sangat penting dalam paduan suara. Akhirnya om Heru mutusin besok bawa partitur saat tampil. (betapa tidak siapnya kita) Selesai latian, capek, ngobrol2 dikamar, tidur…

29 Oktober 2008

THE BATTLE’S BEGIN!!!

Hari pertama Sacra kita tampil di urutan 12 yang berarti kita nampil pagi. Sebelum tampil ketemu Dani lagi yang tampil gagah dengan jas ala ank2 PETRA.. sedangkan gw??!! make baju warna emas ga jelas yang gw sendiri kegedean, haha pokoknya ga bgt!! NYANYi!!!! Hauhauhuha.. ANCUR!! Kita kehilangan arah di bar terakhir padahal itu seharusnya jadi bar penutup yang ngegong!! Keluar ruangan, Cuma bisa meratapi nasib. Kayaknya kita paling ancur deh, kata beberapa teman. Om heru Cuma ngasi semangat, mungkin ini pertama kali terjadi sejak dia mimpin paduan suara yang gagal.. huhu.. kesiapan suatu tim mang menentukan segalanya.. T_T

Malamnya kita latian Gospel bentar, you know?? Yang namanya Gospel tu biasanya n seringnya ada unsure gerakan n tepukan. PSM gw gada, Cuma nyanyi diam. Parah bgt. Om heru ngerti bgt ni jauh2 hari, tapi dia tau kita gada waktu garap koreo buat Gospel karena koreo buat Folklore aja masi ga begitu kompak. Tiba – tiba muncul selintingan “gimana klo kita buat koreo aja malam ini??” dari salah satu anak, gw membatin *ok, mungkin bisa untuk beberapa orang yang cepet nangkep, tapi ga yakin semua bisa, yang ada malah semberawut n ntar nyanyi nya ancur” yaiyalah, masa’ ada tim garap koreo semalam sebelum lomba. Gila sudah. Untung klo personelnya orang2 berpengalaman, ni banyakan maba. Bukannya gw ngeraguin maba, tp ternyata keraguan gw dirasain juga om Heru, dia takut nyanyi berantakan jadi ga jadi deh.. tidur…zzz..

30 Oktober 2008

Saatnya bergospel ria!! Haha ngeliat kontingen2 lain pada bergerak dan bertepuk tangan, ga memadamkan semangat kami malam itu, pokoknya bernyanyi dengan baik aj. setelah bernyanyi kita berdoa bersama n sempat ngunjungin bazaar tapi ga jadi bli kaos gara2 Cuma bawa duit 30 rebu padahal harganya 60 n ga mau ditawar.haha..... pulang, makan, latian Folklore ampe capek bgt, sharing2 dikamar, tidur..


31 Oktober 2008

Dari siang udah siap make-up ala pak Raden. Mau bawain lagu ampar2 pisang, sama montor2 cilik. Koreo yang baru dilatih dua hari sebelum berangkat ke salatiga ni udah lumayan kompak, ga disangka hari tu bisa tampil baik n banyak yg suka terutama di montor2 cilik bener2 kayak ngelawak di atas panggung, semua pada ketawa liat koreo aneh bin ajaib hauhuaha…UPN mang gila klo koreo, tapi sayang tim koreo kita sudah… *ah malas bahas disini hehe…*

Pulang, n malamnya berangkt ke UKSW lagi ngeliat sisa kontingen yang belum tampil. Seru banget.


1 November 2008

HAHAHAHA!!!!!! Hari sangat memalukan buat UPN. *ga juga si, gw aj ma tmen2 gw yg terlanjur malu* LOL. Jadi sebelum dibacain pengumuman pemenangnya, ada ibadah singkat, sambutan, n konser dari paduan suara tuan rumah UKSW. Keren bgt.

Ada kejadian yg klo gw inget kayak males gw. hauhuhaa.. jadi pas pengumuman pemenang itu kita semua ngira langsung dibacain ternyata.. dimulai dari medali perunggu, n apesnya nama UPN V YK yang pertama disebut, sontak kita ngira kita juara tiga, kita betul2 bersuka ria, jingkrak2, ada yg nangis terharu juga. KENAPA?? Karena kita pikir SACRA yang notabene kita hancur malah dapat juara. Hauhah ternyata pengumuman pun terus berlanjut ampe ada yg dapat emas. Malu bgt gw. malah sempat disalam dani padahal mereka juara 2.. hauhuaha

Setelah itu Gospel, kita dapat perak, n yang paling membuat seneng folklore dapat emas. Walau bukan peringkat tiga, gw terharu juga ngeliat maba upn yang seneng bgt, ni pengalaman pertama mereka dengan latian yang tidak begitu optimal tapi bisa dapat emas, mereka pasti bangga. Gw juga. ^^

Sebelum pengumuman juara umum, kontingen gw dah pada balik, gatau napa. LO juga dah nunggu di bus. Banyak yang kecewa kenapa kita buru2 pulang. Padahal masi ada acaranya lain. Penampilan para pemenang juga keren banget, mang kualitas juara. Sebelum balik ngasi sesuatu buat sahabat gw dani yang kontingennya dibelakang gw. tanda perpisahan gt, walau waktu ketemunya singkat tapi berkesan.

Akhirnya kita pulang, n ga lupa ibadah ucapan syukur n doa berantai termasuk yang muslim juga gabung. Sampai sekarang kadang gw kangen suasana salatiga, tapi hidup harus lanjut, gw yakin ni bakal jadi pengalaman berharga mengenai pentingnya kesiapan untuk event2 berikutnya.

THX


1 komentar:

Anonim mengatakan...

kalian keren bgt dan kita sama2 belajar dalam pesparawi x di salatiga...

dan semua pelajaran yang kita dapat disana takan tergantikan dengan apapun..

disana kita bisa ketemu sama temen2 dari seluruh penjuru indonesia...

tapi maaf montor2 cilik kalian dapet dari mana ya??
aransemen nya sama (walo ada perbedaan sedikit di hands horn nya) dengan montor2 cilik punya UNDIP yang di bawakan waktu UNPAR 2007 kemaren..

kita sama2 masi belajar,,kita saling menghormati..mohon kerja sama nya..

jayalah terus paduan suara indonesia..